Rabu, 24 Juli 2013

Majelis Ulama Indonesia Apresiasi Kurikulum Pendidikan 2013

MUI dalam Dialog Pendidikan
Jakarta -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) karena telah memberikan porsi yang lebih besar kepada Pendidikan Agama dan Akhlak Mulia dalam Kurikulum 2013 dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya. Demikian disampaikan Koordinator Ketua MUI, KH. Ma'ruf Amin di Jakarta hari ini, Senin (22/7).
Dikatakan Ma'ruf Amin, MUI punya perhatian yang besar terhadap pendidikan sehingga di organisasi MUI ada Komisi Pendidikan. Bagi MUI Kurikulum 2013 diharapkan dapat memperbaiki pendidikan ke arah yang lebih baik. "Adalah tugas pemerintah untuk membawa kemashlahatan masyarakat", ujar Ma'ruf Amin.  Islam mengajurkan perbaikan yang berkelanjutan. "Bukan kurikulum sebelumnya tidak baik, kalau ada yg lebih baik, kita harus mengambil yang lebih baik", ujarnya.
Dikatakannya, agar Kurikulum 2013 dapat  meningkatkan kualitas pendidikan, maka diperlukan upaya-upaya perbaikan. "Termasuk pendidikan Islam agar memperoleh perbaikan, terutama perbaikan sarana prasarana dan guru", kata anggota dewan pertimbangan Presiden tersebut.
Sementara itu, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim mengatakan penyusunan Kurikulum 2013 melibatkan sekitar 1000 orang, mulai dari penyusunan materi hingga pelatihan guru.
Dikatakan Musliar, Semua mata pelajaran dalam Kurikulum 2013 harus membangun sikap sosial dan spritual. "Sikap sosial umpamanya menekankan adanya team work dalam pembelajaran. Sedangkan sikap spritual umpamanya dengan menghayati anggota tubuh sebagai ciptaan Tuhan yang sangat sempurna", terang mantan Rektor Universitan Andalas tersebut.
Dialog Pendidikan yang berlangsung setengah hari ini diikuti 100 peserta terdiri dari pimpinan dan pengurus MUI Pusat, dengan pembicara KH. Ma'ruf Amin; Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakata, Taufik Yudhi Mulyanto, dan; Staf Khusus Mendikbud Bidang Komunikasi Media, Sukemi (TD)

Keyword : Info Pendidikan, Kurikulum 2013, MUI
Sumber By Kemdikbud Website 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar